Kegiatan Santunan Yatama 2016

Pada hari Selasa, 11 Oktober 2016 bertepatan dengan hari ke-10 Bulan Muharrom tahun 1438 H. SD Negeri 2 Sekuro melaksanakan Santunan Yatim Piatu kepada Siswa/Siswi yang sudah menjadi rutinitas tahunan di sekolah.. Antusiasme siswa maupun guru dalam memberikan sedekah terasa sekali ketika Bu Tutik Uluwiyah selaku Guru Pendidikan Agama Islam sekaligus merangkap sebagai panitia penggalangan santunan yatim piatu pada tahun ini membagikan amplop kepada siswa maupun guru untuk diisi dengan santunan sesuai dengan keikhlasan masing-masing. Amplop santunan didistribusikan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016 untuk kemudian dikumpulkan kembali kepada Panitia Santunan Yatim Piatu pada hari Senin, 10 Oktober 2016. Dalam kegiatan ini, terkumpul dana sebanyak Rp 718.000 yang berasal dari siswa/siswi kelas 1-6 dan juga dari santunan Bapak/Ibu Guru SDN 2 Sekuro.
Kegiatan pembagian santunan dilaksanakan pada pukul 09.30 wib yang dipimpin oleh Bapak Sukardi yang dalam kesempatan ini mewakili Ibu Musriah sebagai kepala sekolah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sekolah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan Santunan Yatim Piatu pada hari ini. Kemudian beliau juga berpesan kepada semua siswa yang sampai saat ini masih memiliki kedua orang tua untuk senantiasa bersyukur atas nikmat tersebut. Selain itu beliau juga berpesan kepada penerima santunan untuk dapat memanfaatkan santunan yang diterima dengan bijak.
Acara dilanjutkan dengan pembagian santunan kepada siswa. Dalam kesempatan ini siswa yang mendapat santunan adalah Agus Hambali dan Agus Iriyanto yang keduanya pada saat ini duduk di kelas 6. Tampak keharuan ketika usai pembagian santunan oleh Bapak Sukardi. Hal ini dikarenakan beliau sampai meneteskan air mata sambil memeluk kedua siswa yang menerima santunan sambil berpesan untuk senantiasa tegar menghadapi kehidupan semoga mereka kelak bisa menjadi orang-orang yang berguna di masa yang akan dating.
Kegiatan pembagian santunan diakhiri dengan Doa yang dibacakan oleh Bapak Mirza Aziz Qodari. Siswa dan siswi yang mengikuti kegiatan tersebut tampak khusyuk meng Amini doa yang dibacakan sampai dengan akhir. Kemudian kegiatan ditutup dengan kegiatan musofahah ( berjabat tangan ).
Adapun hikmah dari kegiatan santunan yang dilaksanakan tersebut sesuai dengan Hadits Nabi dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

« أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا »  وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئ
“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini”, kemudian beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya”.

Hadits yang agung ini menunjukkan besarnya keutamaan dan pahala orang yang meyantuni anak yatim, sehingga imam Bukhari mencantumkan hadits ini dalam bab: keutamaan orang yang mengasuh anak yatim.
Beberapa faidah penting yang terkandung dalam hadits ini:
  1. Makna hadits ini: orang yang menyantuni anak yatim di dunia akan menempati kedudukan yang tinggi di surga dekat dengan kedudukan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
  2. Arti “menanggung anak yatim” adalah mengurusi dan memperhatikan semua keperluan hidupnya, seperti nafkah (makan dan minum), pakaian, mengasuh dan mendidiknya dengan pendidikan Islam yang benar.
  3. Yang dimaksud dengan anak yatim adalah seorang anak yang ditinggal oleh ayahnya sebelum anak itu mencapai usia dewasa.
  4. Keutamaan dalam hadits ini belaku bagi orang yang meyantuni anak yatim dari harta orang itu sendiri atau harta anak yatim tersebut jika orang itu benar-benar yang mendapat kepercayaan untuk itu.
  5. Demikian pula, keutamaan ini berlaku bagi orang yang meyantuni anak yatim yang punya hubungan keluarga dengannya atau anak yatim yang sama sekali tidak punya hubungan keluarga dengannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kegiatan Santunan Yatama 2016"

Posting Komentar